HOME PASANG IKLAN BERITA PENGELASAN ABOUT ME

Sunday, 27 May 2012

Kinerja Dari Segi Keausan Material Rem Cakram dan Rem Tromol


  • Rem Cakram
Menurut Dr..Milan Honner dan Prof.Ing Josef Kunes bahwa rem cakram dapat diuji dari karakteristik material strukturnya untuk mengetahui mechanical propertiesnya. Dimana rem cakram dikenai beban tertentu dengan putaran tertentu dengan selang waktu pembebanan yang telah ditentukan. Dengan bantuan Electron Microscopy terlihat kondisi permukaan brake disc hasil produksi di pabrikan sebelum dikenai beban.

Kondisi permukaan di evaluasi tidak hanya dari kekasaran permukaannya, tetapi juga dari permukaan cracknya yang ditimbulkannya, termasuk pada daerah hot spotnya

Rem Cakram Sebelum Dikeani Beban

Rem Cakram Setelah Dikenai Beban
Rem Cakram Sebelum dan Setelah Dikenai Beban
Dari hasil pengujian ini dapat ditunjukkan perbedaan antara rem cakram keluaran pabrikan sebelum dikenai beban terhadap rem cakram setelah dikenai beban tertentu.

  • Rem Tromol
Masalah yang sering terjadi pada rem tromol adalah masalah crack. Hal ini disebabkan karena bending stress yang terjadi pada drum flange dan hub flange 
 
Crack (Retak)
Korosi




 Selain itu rem tromol lebih mudah mengalami korosi pada sekitarnya dibanding dengan rem cakram. Agar tidak terjadi kasus crack biasanya memberikan torsi yang cukup 50 ft-lbs. Sebelum pemasangan rem tromol sebaiknya hub dirotasikan sehingga salah satu dari wheel holenya berada pada posisi jam 12. Dan untuk menghindari korosi sebaiknya membersihkan dari kotoran dan debu.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan.
Komentar anda sangat membantu Admin untuk Pengembangan Blog ini